Benny Hinn dari Sudut Pandang Seorang Misionaris


Laporan tentang Benny Hinn. Ditulis oleh Pdt. TC. Johnson, seorang misionaris daerah tertinggal. Lulus dari Reformed Theological Seminary dengan gelar Master of Religion dan mendapatkan gelar Bachelors of Science in Nursing (Ilmu Keperawatan). Saat ini hamba Tuhan ini sedang mengambil Doktor bidang Misiologi dari Malaysia Baptist Theological Seminary (sedang menyelesaikan disertasi tahun ini).

Maret 2014
Dan karena serakahnya guru-guru palsu itu akan berusaha mencari untung dari kamu dengan ceritera-ceritera isapan jempol mereka. Tetapi untuk perbuatan mereka itu hukuman telah lama tersedia dan kebinasaan tidak akan tertunda
(2 Petrus 2:3)

Gbr 1

Pengkhotbah-pengkhotbah terkenal dari Barat sering bepergian ke Indonesia dan menyelenggarakan acara-acara besar untuk menarik banyak orang. Pengkhotbah-pengkhotbah ini terkenal dan memiliki sejarahnya panjangnya sendiri di negeri mereka, tetapi sangat sedikit orang-orang di Indonesia mengenal mereka. Apakah mereka baik atau buruk? Akankah mereka membawa berkat atau pengajaran yang buruk? Sulit diketahui. Laporan singkat ini adalah tentang Benny Hinn. Siapakah Benny Hinn? Orang harus berhati-hati terhadapnya, dan menguji segala sesuatu berdasarkan Firman Allah, Alkitab, otoritas tertinggi bagi orang percaya.

alkitab2

Sejarah Pelayanan

Benny Hinn mengatakan bahwa momen perubahan dalam kehidupannya terjadi pada tahun 1973 ketika, sebagai seorang remaja, ia mengajukan diri untuk merawat seorang wanita yang mengalami masalah encok atau radang sendi pada sebuah perjalanan menuju kebaktian penyembuhan yang diselenggarakan oleh Kathryn Kuhlman. Ia mengatakan bahwa ia melihat perempuan itu pada akhirnya tidak merasakan lagi semua rasa sakit yang semula ia rasakan di kakinya, dan “menguraikannya”. Setelah momen yang menentukan itu, Benny Hinn menjadi seorang tokoh iman dan kesembuhan Kharismatik, dan pengajar. Ia telah mengakui banyak mukjizat-mukjizat sebagai karyanya, tetapi semuanya itu sulit dicek kebenarannya.

Terkadang, kisah-kisah yang diceritakan kelihatannya dibuat oleh Benny Hinn sendiri. Sebagai contoh, Hinn mengatakan bahwa ia telah mengajar di sebuah sekolah Katolik yang keseluruhan siswanya adalah perempuan di Yerusalem pada tahun 1976, dan “setiap anak perempuan di sekolah tersebut telah diselamatkan, termasuk juga semua biarawatinya”.

Kenyataannya hanya ada satu sekolah perempuan Katolik di Yerusalem, yaitu Schmidt’s Girls College. Para penyelidik telah menanyai para biarawati yang tinggal di sana pada tahun 1976, juga Bapa Dusind, yang telah menjadi pengawas seluruh pengajaran agama di sekolah itu sejak tahun 1955. Bapa Dusind memberitahukan kepada para penyelidik, “(Yang dikatakan Benny Hinn) adalah omong kosong, betul-betul omong-kosong. (Apa yang Benny Hinn katakan) tidak pernah terjadi dan tidak mungkin terjadi karena seorang tokoh kesembuhan Kharismatik atau pengajar Protestan tidak akan pernah diijinkan untuk masuk dan berbicara kepada anak-anak perempuan itu.”

Pada tahun 1979, Benny Hinn pindah ke Orlando, Florida, USA. Pada tahun 1983, ia mendirikan “Orlando Christian Center”. Pada akhir tahun 1980-an, ia mulai mengadakan perjalanan di Amerika Serikat dan di luar negeri, memimpin kebaktian-kebaktian mukjizat. Di dalam kebaktian-kebaktiannya, Benny Hinn mengatakan bahwa Roh Kudus berbicara secara langsung kepadanya, dan orang-orang dengan penyakit tertentu disembuhkan.

Gbr12

Ia adalah seorang pembicara yang menarik dan dinamis, dan orang-orang berbondong-bondong pergi ke kebaktian-kebaktiannya dengan pengharapan untuk disembuhkan. Dua program berita Amerika telah menyelidiki Hinn dan telah menemukan bahwa tidak seorang pun betul-betul telah disembuhkan. Beberapa orang kemudian mati karena penyakit yang katanya telah disembuhkan di kebaktiannya Hinn. Ketika Benny Hinn ditanyai tentang penyembuhan-penyembuhan yang gagal, ia menghindari pertanyaan-pertanyaan itu atau berjanji akan melakukan usaha yang lebih baik di masa depan untuk mengecek penyembuhan-penyembuhan yang terjadi. Namun ia tidak berubah dan ia terus saja melakukan apa yang sebelumnya selalu ia lakukan.

Gbr11

Benny Hinn mengadakan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan pesawat jet pribadinya, melaksanakan kebaktian-kebaktian mukjizat dan hidup di dalam sebuah gaya hidup mewah, semuanya itu dibiayai oleh uang yang telah orang-orang berikan dalam kebaktian-kebaktian yang dilaksanakannya.

Gbr14

Kehidupan Pribadi

Lahir di Israel pada tahun 1952, Benny Hinn pindah ke Amerika Serikat bersama keluarganya pada tahun 1967. Ia adalah seorang Palestina. Ayahnya seorang Yunani, dan ibunya adalah seorang Turk Armenian. Dan ia memiliki delapan saudara laki-laki dan perempuan. Di dalam buku yang Hinn tulis, Ia mengaku bahwa ayahnya adalah walikota Jaffa, Israel.

Pada tahun 1979, Hinn menikahi Suzanne Harthern. Pasangan ini memiliki empat anak. Harthern mengisi formulir pengadilan pada tahun 2010, menuntut untuk bercerai. Pada tahun yang sama, sebuah majalah Amerika memberitakan sebuah foto Hinn dan teman pengkhotbahnya Paula White bergandengan tangan di Roma, Italia. Majalah tersebut menyatakan bahwa mereka memiliki hubungan perselingkuhan. Hinn dan White menyangkali hal itu, tetapi tidak pernah menjelaskan mengapa mereka bergandengan tangan seperti yang ada di foto tersebut. Pada bulan Mei 2012, Hinn mengumumkan bahwa ia dan isterinya telah memulai sebuah pemulihan hubungan kembali, dan ia mengaku bahwa perpisahan yang pernah mereka alami adalah karena isterinya telah kecanduan obat-obatan.

Di luar penampilannya di dalam kebaktian-kebaktiannya, Hinn menjaga jarak dari khalayak. Ia mengelilingi dirinya dengan para pengawal pribadi dan hidup di dalam sebuah rumah yang berhadapan langsung dengan lautan seharga 12 juta dollar di sebelah Selatan Kalifornia. Ia menikmati perjalanan dengan menggunakan jet pribadi untuk melakukan tamasya menyelam di Kepulauan Cayman.

Gbr9

Teologi

Hinn tidak bertanggungjawab kepada gereja atau denominasi apapun, meskipun ia kelihatan sebagai bagian dari cabang kekristenan yang disebut Pentakosta/Kharismatik. Pelayanannya menekankan kesembuhan secara ajaib dan kesehatan dan Injil Kemakmuran.

Di masa lalu, Benny Hinn telah mengajarkan banyak hal yang bertentangan dengan Alkitab. Sebagai contoh:
• Ada sembilan Pribadi di dalam Tritunggal. Setiap anggota Tritunggal – Bapa, Anak, dan Roh Kudus – adalah juga Tritunggal.
• Hinn sendiri adalah “seorang Mesias baru yang berjalan di atas bumi.”
• Yesus akan berdosa jika tanpa Roh Kudus.
• Yesus menjadi sama sifat dasarnya dengan Setan, dan harus dilahirkan kembali di Neraka, sehingga Ia dapat menyelamatkan kita.
• Adam adalah seorang keberadaan yang super yang dapat terbang sehingga ia dapat memilliki kekuasaan atas burung-burung sebagaimana Allah telah mengatakan bahwa ia akan melakukan itu. Adam juga terbang ke luar angkasa.
• Orang-orang Kristen dapat kehilangan keselamatan mereka bahkan setelah mereka pergi ke sorga.

Injil Kemakmuran

Hinn mengajarkan bahwa adalah kehendak Allah bahwa semua orang percaya hidup dalam kesehatan yang baik dan kekayaan keuangan. Ia mengajarkan bahwa jika orang mau memberikan sebuah “benih” iman kepada pelayanannya, yaitu uang, maka Allah akan memberkati mereka. Ia telah mengajarkan bahwa satu-satunya alasan mengapa kita tidak semuanya ada di dalam kesehatan yang baik, hidup selamanya, adalah karena setan-setan di dunia menyerang kita. Jika kita punya cukup iman, kita dapat disembuhkan.

Ada sebuah tema yang konstan di dalam pengajarannya tentang hubungan antara “pemberian” dan “penyembuhan,” melakukan sebuah “sumpah iman” dan “membuat kebutuhanmu terpenuhi.” Ia tidak mengatakan secara langsung, “Jika kamu memberikan kepada saya uang, kamu akan disembuhkan.” Bagaimanapun, inilah pesan yang banyak orang pahami. Di dalam kebaktian-kebaktiannya, pengumpulan persembahan uang dilakukan antara pernyataan janjinya akan kesembuhan dan acara penyembuhannya. Hinn ingin orang-orang memahami bahwa jika mereka mau disembuhkan, mereka harus menanam sebuah benih iman (memberikan uang). Ketika orang tidak disembuhkan, Hinn menjelaskan, “Alasan orang kehilangan kesembuhan mereka adalah karena mereka mulai mempertanyakan apakah Allah betul-betul melakukannya.” Atau jika kesembuhan yang terjadi berubah menjadi dibuat-buat, maka Hinn menyatakan bahwa orang itu menipu diri.

Nubuatan-nubuatan Palsu

Benny Hinn secara rutin menubuatkan hal-hal yang menurutnya ia dengar dari Allah. Pada tahun 1989, Benny Hinn menyampaikan serangkaian nubuatan pada tahun 1990-an. Ia menyatakan bahwa nubuatan-nubuatan itu datang dari Allah, Tuhan, dan Roh Kudus. Sementara ia menyampaikan nubuatan-nubuatan, ia menyatakan bahwa:
• Allah akan menghancurkan komunitas homoseksual di Amerika dengan api tidak lewat dari tahun 1994 atau 1995.
• Sebuah gempa yang menghancurkan akan menghantam pantai timur Amerika Serikat pada tahun 1990-an. Hal tersebut tidak terjadi.
• Diktator Komunis Kuba, Fidel Castro, akan mati pada tahun 1990-an.
• Seorang pria, yang adalah seorang inkarnasi sempurna dari Setan, akan menguasai dunia.
• Yesus akan dilihat pada tahun 1990-an.
• Yesus Kristus akan kembali sebelum tahun 1992 dan 1999, dan bahwa Yesus akan muncul secara “fisik” di sepanjang kebaktian-kebaktiannya.
Tidak ada satu pun dari hal tersebut terjadi!

Tentang seorang nabi palsu, Alkitab mengatakan:
• Ulangan 18:20, “Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama allah lain, nabi itu harus mati.”
• Ulangan 18:22, “apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya.”
• Yeremia 14:14, “Jawab TUHAN kepadaku: Para nabi itu bernubuat palsu demi nama-Ku! Aku tidak mengutus mereka, tidak memerintahkan mereka dan tidak berfirman kepada mereka. Mereka menubuatkan kepadamu penglihatan bohong, ramalan kosong dan tipu rekaan hatinya sendiri.”
• Yeremia 23:16, “Beginilah firman TUHAN semesta alam: Janganlah dengarkan perkataan para nabi yang bernubuat kepada kamu! Mereka hanya memberi harapan yang sia-sia kepadamu, dan hanya mengungkapkan penglihatan rekaan hatinya sendiri, bukan apa yang datang dari mulut TUHAN.”
• Matius 7:15-23, “15”Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. 16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? 17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. 18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. 19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. 20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. 21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. 22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? 23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!””

Sumber-sumber:
http://www.wittenburgdoor.com/why-benny-hinn-became-our-wacky-neighbor.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Benny_Hinn
http://www.theforbiddenknowledge.com/hardtruth/tbn_network.htm http://www.christianresearchservice.com/BHinn37.htm
http://www.christianresearchservice.com/BHinn45.htm
http://newscastmedia.com/blog/wp-content/uploads/2010/07/bennypaula1.jpg
http://www.christianresearchservice.com/BHinn41.htm
http://www.apologeticsindex.org/h01ac.html
http://www.bennyhinn.org/yourlife/healing/heroes-of-the-faith-on-healing/8008/purposes-for-divine-healing
http://www.bennyhinn.org/media/BangkokTV091112.asx
http://www.youtube.com/watch?v=NSxqFE_hmcE
http://www.youtube.com/watch?v=BYOEOXG8lU4
http://www.youtube.com/watch?v=HcZlyECHP_M

Keuangan

Pelayanan Benny Hinn Ministries memiliki anggaran tahunan mencapai 100 juta dollar. Berapa besaran tepatnya, tidak seorang pun tahu, karena Benny Hinn tidak mengeluarkan pernyataan keuangan. Bagaimana pun, sebuah penyelidikan senat Amerika Serikat menemukan bahwa pada tahun 2006 anggarannya telah mencapai 97.93 juta dollar. Ini untuk pelayanan seorang pria saja. Sebagai perbandingan: OMF-International, sebuah organisasi misi internasional yang mengutus keluar lebih dari 1000 misionaris, memiliki anggaran total tahunan mencapai 59 juta dollar. Bagaimana pelayanan seorang pria menghabiskan begitu banyak uang? Lagi-lagi,tidak seorang pun mengetahuinya karena Benny Hinn tidak memberitahukannya kepada kita. Namun beberapa tahun terakhir ini, fakta-fakta berikut ini mulai terungkap:

Gbr5

• Benny Hinn memiliki pendapatan sekitar 500.000 dollar hingga 1.000.000 dollar per tahun. Ini belum termasuk royalti dari buku-bukunya, yang mungkin lebih lagi.
• Ia memiliki sebuah rumah seharga 10 juta dollar, dibayari oleh organisasinya. Ini hanyalah salah satu dari setidaknya tiga rumah miliknya.
• Ia memiliki pesawat terbang seharga 36 juta dollar yang menghabiskan 600.000 dollar per tahunnya untuk pengoperasiannya.
• Di hotel-hotel, ia secara rutin tinggal di kamar presidensial seharga lebih dari 3000 dollar per malamnya.
• Hinn menuntut 25.000 dollar untuk pembiayaan sebuah pelayanan yang 30 menit jaraknya dari rumahnya.
• Ini semua sesuai filsafat hidup Benny Hinn. Satu kali ia mengucapkan perkataannya yang terkenal, “Saya tidak butuh emas di sorga, saya harus memilikinya sekarang.”
Bagaimana Benny Hinn mengumpulkan begitu banyak uang? Utamanya melalui pengajaran bahwa Allah akan melipatgandakan uang mereka jika mereka memberikan uang itu kepadanya.
• Benny Hinn, yang mendapatkan lebih dari 100 juta dollar per tahun untuk pelayanannya, pergi ke negara-negara miskin di seluruh dunia dan meminta orang-orang untuk memberikan uang mereka kepada pelayanannya. Hinn pun semakin kaya raya, dan orang lain tetap miskin.
• Benny Hinn mengajarkan bahwa Tuhan, pada Hari Terakhir akan melewatkan orang-orang yang tidak memberikan kontribusi keuangan.
• Benny Hinn mengumpulkan uang bagi sebuah rumah yatim piatu kecil di Meksiko. Ketika seorang wartawan mengecek, panti asuhan itu belum dibangun. Rumah seharga multi-miliar dollar milik Benny Hinn dan pesawat jetnya jelas mendapatkan prioritas yang utama.
• Pada tahun 2008 di Afrika Selatan, seorang kenalan Benny Hinn memberitahukan kepada orang-orang di sebuah kebaktian Benny Hinn bahwa Allah akan membuat 500 orang yang memberikan 1000 dollar di dalam dua menit berikutnya, menjadi milyuner hanya di dalam jangka waktu 24 jam.
• Saluran utama yang Benny Hinn gunakan untuk menyebarkan pesannya adalah stasiun televisi TBN, organisasi lain yang juga menolak untuk mengeluarkan laporan keuangan. Cucu perempuan dari para pendirinya, saat menjabat direktur keuangan, diketahui telah menggunakan lebih dari 50 juta dolar dana pelayanan untuk penggunaan pribadi, yang karenanya ia diadukan ke polisi.

Gbr6

Sumber-sumber:
http://www.inplainsite.org/html/tele-evangelist_lifestyles.html#Tele-Hinn
http://en.wikipedia.org/wiki/Benny_Hinn
http://www.sherrytalkradio.com/hinn/index.htm
http://en.wikiquote.org/wiki/Benny_Hinn
http://www.sherrytalkradio.com/hinn/index.htm
http://taxdollars.ocregister.com/2012/06/08/from-beloved-granddaughter-to-exiled-accuser-brittany-koper-and-tbn/156425/

Pengakuannya tentang Kesembuhan

Kemunduran besar dari kebaktian-kebaktian Benny Hinn adalah penyembuhan-penyembuhan yang diakuinya terjadi. Hinn hampir tidak pernah secara pribadi berdoa atas seseorang. Normalnya ia akan menyatakan bahwa di suatu tempat di tengah-tengah para pengunjung, orang telah disembuhkan dari penyakit A, B, dan C. Kemudian orang diminta untuk naik ke atas untuk memberikan kesaksian.

Salah satu titik yang menyakitkan dari kebaktian Benny Hinn adalah ketika orang-orang dengan satu ketidakberdayaan yang kelihatan tidak pernah diijinkan naik ke panggung. Mereka diminta untuk kembali ke kursi mereka.

Orang yang hendak memberikan kesaksian disaring, dan mereka yang paling antusias diijinkan naik ke panggung. Tidak ada pengujian apakah kesaksian itu sungguhan. Penyembuhan-penyembuhan (contoh dari kanker dan masalah-masalah jantung) dinyatakan tidak mungkin untuk mengeceknya di tempat/saat itu juga. Organisasi Benny Hinn tidak menghubungi orang itu lagi setelah acara dan tidak dapat mengetahui apakah pernyataan kesembuhannya itu benar.

Ketika orang lain menindaklanjuti pernyataan-pernyataan kesembuhannya, mukjizat tidak dapat ditemukan. Benny Hinn pernah mengaku-ngaku atas 76 kesembuhan setelah suatu malam. Sebuah program televisi hendak mengeceknya. Ia hanya memberikan lima nama orang saja. Orang-orang ini diikuti selama satu tahun. Tidak ada satu pun dari mereka yang disembuhkan, dan seorang wanita mati karena penyakit yang seharusnya lenyap dalam kebaktian Benny Hinn.

Sumber-sumber:
http://www.csicop.org/si/show/benny_hinn_healer_or_hypnotist/
http://www.unexplainable.net/religion/benny_hinn__world_famous_televangelist__faith-heal_2340.php
http://en.wikipedia.org/wiki/Benny_hinn
http://www.cbc.ca/fifth/thesis.pdf

Penulis Artikel Di Atas Menyimpulkan:

Perlu dipertanyakan kejujuran Benny Hinn terhadap gereja Tuhan! Perlu dipertanyakan apakah ia tidak sedang mengajarkan sebuah Injil palsu!? Perlu dipertanyakan tidakkah Benny Hinn dapat digolongkan sebagai nabi palsu?! Perlu dipertanyakan apakah ia sungguh-sungguh mencintai Allah, ataukah mencintai uang?! Perlu dipertanyakan, tidakkah ia adalah seseorang yang berbahaya karena ia mengumpulkan sejumlah besar uang untuk memenuhi tuntutan gaya hidupnya yang mewah dan pelayanannya?! Perlu dipertanyakan tidakkah pelayanannya sesat?! Perlu dipertanyakan, tidakkah Ia adalah seseorang yang berbahaya karena ia memberikan pengharapan palsu akan kesembuhan kepada orang lain?! Perlu dipertanyakan, tidakkah Ia adalah seseorang yang berbahaya karena ia membawa nama Allah menjadi buruk, baik diantara orang percaya, maupun juga diantara orang yang tidak percaya, yang menyadari akan tindakannya?! Perlu dipertanyakan, tidakkah tindakannya adalah penipuan?!

Gbr3

Penulis artikel ini menyatakan: Kami memperingatkan gereja Tuhan terhadap para penipu dan memohon para pemimpin rohani untuk berbicara menentangnya untuk melindungi domba-domba.

Gbr4