Yohanes 7:15-16. Allah Sumber Pengetahuan


Yohanes 7:15-16, “Maka heranlah orang-orang Yahudi dan berkata: “Bagaimanakah orang ini mempunyai pengetahuan (knowledge of books) demikian tanpa belajar (never been to school)!” Jawab Yesus kepada mereka: “Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku“.”

Orang-orang Yahudi mengenali Yesus sebagai sosok ‘guru’ yang tidak pernah mengikuti pendidikan formal teologi atau sekolah teologi (“never been to school“). Meskipun dari kecil anak-anak Yahudi telah belajar Taurat, dan setiap anak Yahudi pada usia 12-13 tahun menjadi ‘anak Taurat’, tetapi pengetahuan yang Yesus tampilkan tetap membuat heran, seolah mereka hendak berkata, “dengan cuma berbekal pelajaran seorang ‘anak Taurat’, bagaimana bisa pengetahuanNya (pengetahuanNya akan isi kitab-kitab) dapat begitu mengagumkan?

Bagaimana respon Yesus terhadap keheranan orang-orang Yahudi? “AjaranKu tidak berasal dari diriKu sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku.” Yesus menunjukkan keselarasan diriNya dengan Sang Bapa. Bapa telah mengutus diriNya, dan Bapa itu adalah sumber ajaranNya.

Aku merenung, apabila kita mengakui bahwa Allah Bapa adalah sumber pengetahuan, maka kedekatan kita kepada Dia -di dalam perkenanNya- hendaknya berdampak pada pengetahuan kita akan kebenaran. Namun seberapa jauhkah aku semakin berpengetahuan; semakin bijaksana; semakin berhikmat, ketika aku mengaku bahwa diriku semakin dekat Tuhan. Namun dari ayat ini aku juga belajar, bahwa Yesus ini ternyata pelopor juga, ya? Pelopor bagi kelompok orang yang berhasil membuktikan bahwa ‘hidup berpengetahuan’ pun dapat kita peroleh di luar jalur pendidikan formal!🙂

(Ev. NT. Prasetyo, Perenungan Jumat, 17 Januari 2014 dan Rabu, 10 Juni 2015)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s