Yohanes 6:65. Kemampuan Menjadi Keluarga Allah


Yohanes 6:65, “Lalu Ia berkata: “Sebab itu telah Kukatakan kepadamu: Tidak ada seorang pun dapat (No man is able) datang kepada-Ku, kalau Bapa tidak mengaruniakannya kepadanya”.” Sebuah perkataan yang monumental! Tidak seorang pun; no man, mampu datang Kepada Kristus, kalau Allah Bapa di sorga tidak memberikan kemampuan untuk melakukan itu kepada orang tersebut.

Siapakah diantara kita yang dapat menyombongkan diri dengan mengatakan bahwa, “Aku menjadi anak Allah karena kemampuanku sendiri!” Hei, dalam kasus ini berlaku tulisan seorang penulis renungan, Vonny Thay, “Kita tidak pernah dapat memilih siapa yang dapat menjadi keluarga kita. Keluarga adalah anugerah yang Tuhan berikan.”

Itu sebabnya, kepada anggota keluarga yang Tuhan karuniakan, yang juga hanya mampu datang kepada Kristus jikalau Tuhan yang mengaruniakan kemampuan untuk itu kepadanya, ada sebuah sikap yang kepada mereka harus kita tujukan, yaitu, “Sebab itu terimalah satu akan yang lain (take one another to your hearts), sama seperti Kristus juga telah menerima kita, untuk kemuliaan Allah” (Roma 15:7).

Sama seperti Kristus telah menaruh diri kita di dalam hatiNya, demikian juga kita harus menaruh sesama kita di dalam hati kita. Sudahkan aku menerima isteriku sepenuhnya di dalam hatiku, seperti Kristus menaruh gerejaNya sepenuhnya di dalam hatiNya? (bdk. Efesus 5:25, “Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya“). Sudahkah aku menerima rekan kerjaku?  Sudahkah aku menerima murid-muridku? Mintalah kemampuan dari Allah, karena Ia yang memampukan kita!

(Ev. NT. Prasetyo, Rabu pagi, 15 Januari 2014).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s