Keluaran 3-4. Yang Lebih Membuat Musa Takut


Nats: Keluaran 3-4. Yang Lebih Membuat Musa Takut
Oleh: Ev. NT. Prasetyo, S.Sos.

Menarik karena ketika di Midian, Tuhan mengutus Musa, lima kali Musa menjawab Tuhan dengan nada enggan dan mengekspresikan ketidakpercayaan dirinya. Dan menariknya lagi, dari lima kali ekspresi keengganan itu, empat yang terakhir menyiratkan ketidakpercayaan diri Musa untuk menghadapi bangsanya sendiri. Kalau kubaca Ibrani 11, jelas bahwa Musa tidak takut kepada Firaun. Namun ternyata yang paling ia takuti adalah bangsanya sendiri.

Musa sudah mengalami trauma, dimana dahulu pada 40 tahun awal kehidupannya, ia – di dalam segala background pendidikan, pelatihan, status sosial, kompetensi yang cemerlang di mata dunia – telah mengalami penolakan dari bangsanya sendiri, ketika ia bermaksud membela saudara sebangsanya sendiri dari orang Mesir yang menindas mereka.

Kisah Para Rasul 7 menjelaskan bagaimana Musa mengira bahwa saudara-saudara sebangsanya akan mengerti bahwa dirinyalah yang telah ditetapkan Allah untuk membebaskan mereka. Tetapi ternyata Musa mengalami penolakan, sehingga ketika Tuhan mengutus ia kembali, yang paling membuatnya enggan, bukanlah tugas itu sendiri; bukan Firaun maupun orang Mesir; melainkan bangsanya sendiri!

(Disampaikan pada Persekutuan Wanita GK Kalam Kudus Jayapura, Jumat/16 Mei 2008)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s