1 Samuel 17:26. Memandang melampaui yang Kelihatan


Nats: 1 Samuel 17:26. Memandang melampaui yang Kelihatan
Oleh: Sdr. NT. Prasetyo, S.Sos.

Dalam 1 Samuel 17:26 dicatat, “Lalu berkatalah Daud kepada orang-orang yang berdiri di dekatnya: “Apakah yang akan dilakukan kepada orang yang mengalahkan orang Filistin itu dan yang menghindarkan cemooh dari Israel? Siapakah orang Filistin yang tak bersunat ini, sampai ia berani mencemoohkan barisan dari pada Allah yang hidup?” Sementara orang Israel berperang dengan semangat Nasionalisme, Daud datang dalam sebuah pengenalan bahwa Israel adalah “barisan daripada Allah yang hidup.

Dalam 1 Samuel 24:7–8 dicatat, “lalu berkatalah ia kepada orang-orangnya: “Dijauhkan Tuhanlah kiranya dari padaku untuk melakukan hal yang demikian kepada tuanku, kepada orang yang diurapi TUHAN, yakni menjamah dia, sebab dialah orang yang diurapi TUHAN.” Dan Daud mencegah orang-orangnya dengan perkataan itu“; ia tidak mengizinkan mereka bangkit menyerang Saul. Sementara itu Saul telah bangun meninggalkan gua itu hendak melanjutkan perjalanannya. Sementara para pengikutnya bergerilya dalam semangat partisan, Daud berdiri teguh dalam sebuah pengenalan bahwa Saul adalah “orang yang diurapi Tuhan”.

Bagaimana mungkin Daud bisa berpikir semacam itu? Berpikir yang oranglain tidak pikirkan atau lihat?! Di Alkitab, Daud disebut “A man before God’s own heart” alias “Pria di hati Allah sendiri”. Dan seperti Allah yang tidak hanya memandang apa yang kelihatan, demikian juga Daud: Memandang melampaui apa yang dilihat manusia.

(Senin/26 Mei 2008)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s