Matius 6:13. Jauhkanlah Kami dari yang Jahat


Matius 6:13. Jauhkanlah Kami dari yang Jahat

Matius 6:13 menyatakan, “And lead us not into temptation, but deliver us from the evil one.” Frasa yang pertama dapat menimbulkan kebingungan, “Lead us not into temptation”. Apakah Allah mencobai kita?

Jawabannya terdapat pada Yakobus 1:13–14, “[God] does [not] tempt anyone but each one is tempted when, by his own evil desire, he is DRAGGED AWAY (menarik/menghela) and ENTICED (memikat/membujuk).” Menurut Alkitab Studi NIV, dikatakan bahwa frasa DRAGGED AWAY dan ENTICED sering digunakan untuk menggambarkan metode-metode berburu (metode-metode memancing), dan digunakan disini secara metaforis untuk menjelaskan bagaimana keinginan jahat beroperasi. Tentang ini, baca juga 2 Petrus 2:14, “they [the unrighteous] seduce (membujuk) the unstable.”

Kata SEDUCE menunjuk pada nelayan yang mencoba untuk memikat dan memancing ikan dengan umpan. Dengan kalimat yang sederhana, kita dapat mengatakan bahwa temptations yang kita hadapi, memburu kita dengan banyak metode berburu:
1. Seperti seorang pemburu yang mencoba menjerat buruannya;
2. Seperti seorang nelayan yang mencoba untuk menawarkan sebuah umpan. Sebuah pencobaan adalah sebuah umpan.
Jadi, “lead us not into temptation” bermakna, “Bapa, hindarkanlah kami dari jebakan dosa dan umpan dosa.”

Sebagai ilustrasi, aku teringat kisah keluarga ikan gabus yang pernah kubaca saat kecilku dahulu. Ibu gabus punya beberapa anak. Salah satunya nakal! Setiap kali mereka hendak pergi bermain, ibu gabus selalu memperingatkan anak-anaknya, agar berhati-hati terhadap umpan-umpan pancing manusia. Anak gabus yang nakal tidak mengindahkan peringatan ibunya, dan akhirnya ditangkap manusia. Ini menjadi peringatan bagi anak-anak gabus lainnya.

Anak-anak Tuhan seperti anak-anak gabus. Senantiasa diancam oleh umpan-umpan mematikan. Tuhan (ibu gabus kita) senantiasa memperingatkan kita melalui FirmanNya, namun lebih dari ibu gabus, Tuhan juga mengajar kita berdoa, “Bapa, hindarkanlah kami dari jebakan dan umpan-umpan mematikan itu.” (bdk.2 Ptr.2:9a, “Tuhan tahun menyelamatkan orang-orang saleh dari pencobaan”).

(Jumat/26 Mei 2007)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s