Bilangan 11 & Mazmur 106:14-15. Sisi Gelap Jawaban Doa


Nats: Mazmur 106:14-15. Sisi Gelap Jawaban Doa
Oleh: Ev. NT. Prasetyo, S.Sos.

Penyampaian Firman perdanaku kulakukan dalam Persekutuan Sopir Gereja dan Sekolah Kristen Kalam Kudus Jayapura. Temanya kuambil dari Bilangan 11 dan Mazmur 106:14–15, yaitu tentang “sisi gelap jawaban doa”. Sebagai pengantar, aku mengilustrasikan jawaban doa seperti dua sisi koin, bisa merupakan “berkat Allah”, namun bisa juga merupakan “hukuman Allah”. Aku jadi teringat C.S. Lewis pernah menyatakan, ada orang yang kepada Tuhan berkata “KehendakMu yang jadi”, namun ada pula orang yang kepadanya Tuhan berkata, “kehendakmu yang jadi.”

Dalam Bilangan 11:4 dicatat bahwa diantara orang Israel “orang-orang bajingan” (bahasa Ibrani: Asapsup, yang berarti ‘orang-orang asing’) mulai kemasukan nafsu rakus. Mereka merengek-rengek minta makan kepada Tuhan. Tuhan menjawab mereka sebagaimana dicatat dalam ayat 19 dan 20, yaitu bahwa mereka akan makan daging, “Bukan hanya satu hari kamu akan memakannya, bukan dua hari, bukan lima hari, bukan 10 hari, bukan 20 hari, tetapi genap sebulan lamanya, sampai keluar dari dalam hidungmu dan sampai kamu muak–karena kamu telah menolak TUHAN yang ada di tengah-tengah kamu dan menangis di hadapan-Nya dengan berkata: Untuk apakah kita keluar dari Mesir?” Ayat 32 mencatat bagaimana dengan rakusnya seluruh bangsa itu mulai mengumpulkan daging burung puyuh hingga masing-masing mendapatkan 10 homer. Jika 1 homer = 360 liter, berarti 10 homer = 3600 liter. Berapa ukuran tangki truk pengangkut bensin atau minyak tanah, ya?

Bilangan 11 dan Mazmur 106:14 – 15 telah menjadi sebuah catatan, bagaimana sebuah jawaban doa ternyata bisa jadi merupakan hukuman dari Tuhan.

(Disampaikan pada Persekutuan Sopir Gereja dan Sekolah Kristen Kalam Kudus Jayapura, Kamis/13 Maret 2008)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s