Materi Pembinaan dan Pelatihan Pelayanan Musik dan Pemimpin Pujian


Pembinaan dan Pelatihan Pelayanan Musik dan Pemimpin Pujian 2013

GK Kalam Kudus Jayapura, 2013

PS. Revisi tentang tujuh kode:

https://pealtwo.wordpress.com/enam-kode-kunci-dalam-memimpin-pujian/

Ada tujuh (7) kode kunci yang harus Anda ketahui dalam memimpin pujian, pelajari dan laksanakan ketika Anda melayani sebagai seorang worshipleader, sebagai berikut:

1.  Kode dengan satu jari yaitu jari telunjuk, artinya lagu dimulai dari awal lagi. Kode ini biasa hanya berlaku bagi tim musik. Agar jemaat dapat mengikuti, Anda harus ucapkan atau lagukan bait pertamanya lagu itu.

2.  Kode dengan dua jari yakni jari telunjuk dan jari tengah, artinya lagu dinyanyikan dari bagian reff-nya. Agar jemaat dapat mengikuti, Anda juga harus mengucapkan bait pertama dari bagian reff-nya.

3.  Kode dengan tiga jari yakni jari tengah, manis dan kelingking, artinya lagu dimulai pada bagian ending-nya/akhir lagu. Agar jemaat dapat mengikuti, Anda juga harus  mengucapkan bait lagu yang menjadi ending-nya.

4.  Kode dengan tangan dikepal, artinya lagu berhenti, otomatis musik juga berhenti. Tapi jangan lupa, Anda juga harus menggunakan dengan cara, maksud dan nada yang baik. Anda bisa mengatakan “ok /ya kita stop sebentar, bisa juga karena ingin supaya nadanya dinaikan/diturunkan, Anda meminta tim musik memainkan irama lain, atau menyanyi tanpa musik, dll” secara enjoy, agar semuanya dapat mengikuti maksud Anda.

5.  Kode dengan menunjuk jempok ke atas, artinya nadanya dinaikkan satu. Hal terjadi karena nada yang diambil itu rendah. Ini khusus untuk tim musik.

6.  Kode dengan menunjukkan jempol ke bawah atau jari kelingking ke bawah artinya nadanya diturunkan karena tinggi. ini juga khusus bagi tim musik.

7.  Kode dengan menunjukkan jempol dan jari kelingking, artinya masuk ke INTERLUDE/BRIDGE.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s