Mary Jones Berjuang untuk Sebuah Alkitab


Awal tahun 1800-an ditandai dengan dengan berdirinya Lembaga Alkitab pertama di dunia, yaitu Lembaga Alkitab Inggris (The Bible Society of Britain and Foreign Parts. Sekarang The British and Foreign Bible Society) pada tanggal 7 Maret 1804.

Pendirian Lembaga Alkitab yang pertama ini didorong oleh pengalaman seorang gadis muda bernama Mary Jones yang tinggal di Tyn-ddol di desa Llanfihangel-y-Pennant di sebelah utara Wales, Inggris. Mary sangat terpukau pada cerita-cerita Alkitab yang dibacakan setiap Minggu di kapel kecil dekat rumahnya. Itulah sebabnya ia ingin memiliki Alkitabnya sendiri. Tetapi pada masa itu, harga Alkitab sangatlah mahal, dan ayahnya hanyalah seorang penenun. Tetapi hal itu tidak menghalangi Mary untuk mewujudkan cita-citanya untuk memiliki Alkitab. Ia menjual kayu bakar, telur ayam, bahkan mencari pekerjaan pada tetangga-tetangganya. Akhirnya setelah bekerja selama 6 tahun dan menabung seluruh hasilnya, Mary berangkat untuk membeli Alkitab.

Setelah berjalan sejauh 40 kilometer, Mary yang saat itu berusia 15 tahun tiba di Kota Bala. Keesokan harinya, pagi-pagi sekali Mary mencari rumah Pak Thomas Charles. “Pak, saya mau membeli Alkitab, saya sudah menabung selama 6 tahun, ini uangnya, silahkan hitung,” kata Mary. Setelah mendengar cerita perjuangan Mary yang bekerja keras dan menabung dengan setia untuk dapat membeli sebuah Alkitab, Pak Charles sangat terkesan dan tergerak hatinya. “Nak, kamu beruntung sekali. Disini hanya tinggal satu Alkitab saja. Ya, inilah Alkitab yang sudah lama kamu tunggu-tunggu.”

Kesan yang mendalam ini mendorong Thomas Charles untuk menyampaikan pengalaman Mary Jones kepada teman-temannya pada satu pertemuan di London. Ia menyatakan, “Pasti masih banyak Mary Mary lain di Wales, di England, di Skotlandia, di Irlandia, bahkan di berbagai negeri yang jauh yang sangat mengingingkan mendapat Alkitabnya sendiri.” Mereka pun sepakat, “Kita harus berjuang untuk mendirikan sebuah lembaga untuk mengusahakan pengadaan Alkitab. Ini suatu tanda dari Allah supaya kita berusaha mati-matian mengadakan Alkitab dalam sebanyak mungkin bahasa.” Dimulai dari berdirinya Lembaga Alkitab Inggris, negara-negara lain pun kemudian mendirikan lembaga-lembaga Alkitabnya sendiri, termasuk akhirnya berdiri Lembaga Alkitab Indonesia (LAI).

2 thoughts on “Mary Jones Berjuang untuk Sebuah Alkitab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s