Refleksi Artikel Andar Ismail yang Berjudul “Siapakah Jodohku?” dalam “Seri Selamat: Selamat Berteduh”


Oleh: Yosua Yonggi Lie, Siswa Kelas X-1, SMAK Kalam Kudus Jayapura, 15 Mei 2012

Setelah saya membaca [artikel] Seri Selamat Berteduh yang berjudul “Siapakah Jodohku?” Saya mendapatkan banyak hal, terutama semakin meneguhkan saya dalam memilih pasangan hidup.

Saya adalah tipe orang yang tidak mau sembarangan dalam memilih pasangan hidup. Dalam memilih pasangan hidup, saya selalu menggumuli dan saya bawa orang atau wanita itu di dalam doa saya kepada Tuhan. Saya berdoa begini: “Tuhan, jika wanita ini adalah orang yang tepat untukku dan jika wanita ini adalah jodohku, kiranya Kau melancarkan segalanya. Tapi jika bukan, siapa jodohku aku serahkan ke dalam tanganMu. KehendakMu yang terjadi bukan kehendakku.”

Buku [Andar] ini juga semakin menguatkan saya dan mengingatkan saya agar selalu mengandalkan TUHAN.

Satu hal yang kupercaya, “KehendakNya dan rancanganNya bukanlah rancangan kecelakaan, melainkan damai sejahtera.”

Dan satu hal lagi yang kupercaya, “Dia, Tuhan, telah menyediakan yang terbaik untukku.” Tugasku sekarang hanyalah berserah penuh kepada Tuhan.

Saya sangat diberkati dengan kalimat, “Aku belum tahu siapakah jodohku untuk berpasangan, tetapi kupercaya bahwa dia sudah Kau tentukan. Namun ia masih Kau siapkan, Kau matangkan, dan Kau dewasakan.”

Selain itu, artikel ini juga mengajar kita agar jangan ‘munafik’ alias tidak berpura-pura, melainkan harus jujur terhadap pasangan kita dan saling mengenal satu dengan yang lain agar kita bisa saling melengkapi.

Saya berharap Pdt. Andar Ismail bisa menulis, menerbitkan lebih banyak buku-buku lagi, khususnya tentang hal cinta. GBU.

(Ditulis untuk memenuhi tugas Pelajaran Agama Kristen Ev. NT. Prasetyo, M.Div.)

Tinggalkan Balasan

