Filipi 1:12-26. Bersukacita dalam Kehidupan yang Ditujukan kepada Kristus


Nats: Filipi 1:12-26
Oleh: Ev. NT. Prasetyo

Sabtu sore, 20 September 2008, Komisi Pemuda GKKK Jayapura berangkat rame-rame untuk melaksanakan pelayanan penjara di Lembaga Permasyarakatan (LP) Abepura.Eh, tidak disangka, teman-teman kelas X sangat berminat untuk ikut (cewek-cewek pula). Alhasil, kami bersebelas orang pun pergi (kesebelasan baru, nich)! Mereka-mereka yang berangkat: Ev. NT. Prasetyo, Tobias, Bung Roni, Pauline Wataha, Astrid, Lydia Wataha, Teroce, Victor, Sintia, Gabriela, Olivia.

Di dalam persekutuan penjara, Ev. NT. Prasetyo berkotbah dari Surat Filipi, dan mengingatkan jemaat bahwa tujuan hidup kita sebagai orang Kristen bukanlah sekadar “mencari bahagia”. Kalau hanya sebatas itu tujuan hidup kita, maka kita tidak perlu menjadi orang Kristen. Apa sebab? Karena di luar Kristus pun, kita bisa mendapatkan “kebahagiaan”.

Ev. NT. Prasetyo mengingatkan bahwa ketika Paulus menulis surat kepada jemaat di Filipi, ia sedang berada dalam penjara. Namun alasan pemenjaraan Paulus bukanlah sesuatu yang memalukan. Paulus dipenjara karena Injil yang mulia. Dan bagi Paulus, hidup dan matinya adalah untuk Kristus (bukan sekadar untuk mencari bahagia semata). Demikian Paulus pun tetap bisa bersukacita dalam penjara.

Kepada jemaat, Ev. NT. Prasetyo menantang agar mereka bangkit demi Terang Injil di Tanah Papua. Banyak tantangan dari Tanah Jawa berdatangan, dan jangan sampai Terang Injil di Tanah Papua, semakin redup karena ulah masyarakat Papua sendiri!

Dalam ibadah itu pun, rekan pemuda kita ada yang bersaksi. Tujuan kesaksiannya adalah untuk menguatkan, bahwa meskipun ikut Tuhan ada kesusahan, namun percayalah Tuhan tahu yang terbaik bagi umatNya dan kemuliaanNya. Seusai ibadah, kami pun duduk-duduk sebentar untuk menyaksikan para penghuni LP bertanding futsal. Kepada pengurus, teman-teman kelas X mengusulkan agar dilain waktu, kita berkunjung juga ke Rumah Sakit Jiwa!

Minggu sore, 21 September 2008, Komisi Pemuda GKKK Jayapura, diundang oleh Komisi Pemuda GKKK Kotaraja untuk menghadiri perayaan ulangtahun mereka. Teman-teman pemuda kita yang ikut menghadiri perayaan ulangtahun Komisi Pemuda Gereja Kristen Kalam Kudus Kotaraja, yaitu: Pak Imars, Ev. NT. Prasetyo, Tobias, Bung Roni, Eddy, Icha, Astrid, Megy, Ita, Nike, Jenny, dan Athy. Perjalanan ke sana memang tidak dekat, tapi kita bisa menikmati kebersamaan (walau sebentar), dan itu harus disyukuri.

(Oleh Ev. NT. Prasetyo. Dimuat di Warta Dwi Mingguan Komisi Pemuda, 8 Oktober 2008, dalam artikel yang berjudul “Go Again….“)

Categories: Tulisan | Tags: , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: